5 hal yang perlu diketahui sebelum membangun website

Saya beberkan sedikit mengenai website beserta manfaatnya. Yang dinamakan website itu bukan semata-mata seperti alat promosi, namun suatu struktur property online layaknya usaha anda di dunia nyata. Jadi, dengan demikian anda harus mempromosikannya jika ingin website yang anda miliki nantinya secara konkret dapat menghasilkan pemasukan bagi anda.

Membuat website memang terlihat mudah untuk sebuah web programming dan web desainer. Namun ada kalanya membangun website terlihat sulit dan cukup rumit ketika kalian tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat website yang menarik serta informatif. Kita bisa saja meminta bantuan para ahli untuk membantu kita membuat website yang kita inginkan, tapi masih ada ternyata yang kita butuhkan untuk memenuhi syarat sebuah website bisa menarik bagi pengunjuk internet.Nah, berikut penjelasanya :

Baca Juga :

Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Nama domain

    Apalagi yang harus diingat sebelum pada akhirnya kita bergelut dengan internet, selain nama domain. Seperti halnya ketika kita ingin mencari suatu tempat, pertama yang harus kita tahu adalah nama alamatnya. Begitu juga dengan website, sebagai sebuah tempat orang mencari berbagai informasi, website memerlukan sebuah nama domain sebagai petunjuk untuk orang – orang yang ingin mencari informasi. Nama domain sendiri bergantung dari kita yang ingin memilikinya. Kita bisa memberikan nama domain sesuai keinginan kita. Itu artinya Anda harus berebut dengan jutaan orang di dunia ini untuk mendapatkan nama domain yang Anda inginkan. Jangan kecewa ketika nama domain yang Anda inginkan sudah tidak ada atau tidak tersedia lagi. Itu karena nama domain di dunia ini hanya ada satu dan tidak bisa diduplicate.

    Penggunaan warna

    Warna, komponen penting yang satu ini tidak dapat dipisahkan ketika Anda sedang merancang pembuatan sebuah website. Sama halnya dengan penggunaan teks, warna juga harus sesuai dengan jenis dan fungsi dari website kita. Pemilihan warna memang biasanya melibatkan selera dari si pembuat. Namun, kita tidak bisa menjadi individual ketika ingin menciptakan dan memberikan sesuatu kepada orang banyak. Kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan orang banyak. Terlebih jika website tersebut seperti toko online. Kita harus sesuaikan dengan target pasar yang akan kita tuju.

    Logo website

    Sebuah website akan dikenal dan diingat oleh pengunjungnya ketika mereka memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri, selain dari konten yang memang dibutuhkan. Logo menjadi salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi saat Anda akan membuat sebuah website. Logo bisa membantu Anda menunjukkan website apa yang sedang Anda kelola. Website sekolahkah? Bisniskah? Toko onlinekah? atau website perusahaan. Nah dari sebuah logo, pengunjung bisa tahu siapa Anda, karena memang terkadang sebuah logo akan mencantumkan nama perusahaan atau inisialnya. Logo harus selalu ada di setiap website. Sejelek – jeleknya logo, logo tetap yang menjadi salah satu ciri khas dari sebuah website.

    Persiapkan Keseluruhan Konten Website

    Setiap konten harus anda persiapkan, dimulai desain logo seperti apa yang akan digunakan, deskripsi usaha anda selengkap-lengkapnya, foto produk yang anda jual dsb. Tidak sedikit dari website yang ada saat ini tidak memperhatikan isi kontennya. Terkesan dibuat asal-asalan, asal jadi. Penempatan konten tidak selayaknya, info usaha sangat minim sekali yang sebenarnya berdampak terhadap kepercayaan pengunjung, terutama perihal konversi pembelian pada toko online.

    Mencari Jasa Pembuatan Website Terbaik

    Langkah terakhir sebelum membuat website adalah mencari web developer untuk mempercayakan pembuatannya. Terdapat banyak sekali baik perusahaan maupun jasa perorangan yang mampu membuatkan anda website. Namun anda harus memilih dengan cermat mengenai siapa yang layak menjadi kandidat membangun konsep website sebagai pondasi pemasaran internet usaha anda. Bukan hanya harga yang murah, bukan hanya dilihat dari sisi tampilan saja, hal yang terpenting adalah optimasi serta integrasi yang menentukan keberhasilan persaingan dari website anda nantinya.

    Pemasangan server

    Pemasangan server, dalam bagian ini yang pertama dipasang  di urutan paling atas pada rak server adalah Router, pasangkan router pada bagian atas kemuadian di bawahnya di pasang Net Lab dan untuk  pemasangan tersebut kasih jarak antara Router dengan Net lab agar tidak terlalu dempet atau dekat terus yang terakhir kita pasangkan Switch dan pemasangan switch pun sama seperti pemasangan Router dengan Net Lab jangan terlalu dekat.

    Setelah semuanya terpasang bagian selanjutnya kita pasangkan kabel dari mulai kabel power sampai pengkabelan yang kita bikin yaitu kabel straight dan crossover, hubungkan kabel Straight dari Switch ke Net lab untuk membagi jaringan dan dari Net lab ke Switch sambungkan menggunakan system pengkabelan straight untuk menghubungkan ke beberapa computer sehingga bias mengakses data dari server.

    Selalu Gunakan Limited User

    Buatlah user baru dengan group Users (Limited user di Windows XP) dan lakukan pekerjaan sehari-hari menggunakan user tersebut. Gunakan user Administrator untuk keperluan maintenance saja misalnya: install/uninstall software, install/uninstall driver, backup, dll. Repot sedikit tidak apa-apa, hanya makan waktu beberapa detik saja. Ketimbang beresiko sering install ulang Windows yang makan waktu > 45 menit karena kesalahan sepele?

    Install dan Update Antivirus dan Firewall

    Antivirus dan Firewall apa saja cukup baik kalau sering diupdate. Pasang di semua komputer di jaringan Anda. Mungkin Anda sudah hati-hati dalam memindah-mindahkan file. Orang lain bagaimana? Komputer atau laptop orang lain bagaimana? USB flashdisk orang lain bagaimana?

    Lakukan Maintenance Berkala

    Untuk maintenance yang tidak membutuhkan reboot server bisa dilakukan kapan saja antara lain: update Windows Server 2003, membersihkan folder temporary dan cache, defragmentasi harddisk, atau incremental database backup. Untuk maintenance yang membutuhkan reboot server sebaiknya dijadwalkan beberapa hari sebelumnya misalnya: update service pack, optimasi registry, dll. Untuk full database backup bisa dilakukan pada malam hari karena tidak membutuhkan downtime yang lama.

    Pekerjakan Tenaga Administrator

    Jika Anda tidak memiliki keahlian yang cukup, Anda bisa mempekerjakan tenaga Administrator yang melek administrasi sistem. Sebetulnya tidak perlu orang yang sangat ahli atau pintar segala bidang, yang penting bisa tahu di mana letak masalahnya, bisa mengkomunikasikannya dan bersedia bekerja sama. Mampu menggunakan browser, mengirim email atau chat sudah mutlak. Jangan salah, sering ditemukan lulusan S1 Teknik Informatika yang tidak bisa menggunakan browser. Tapi lulusan SMU atau SMK malah lebih menguasai bidang tersebut.

    Nah, Anda tentu menemukan banyak hal sepele yang sering diabaikan dalam mengelola server sendiri. Bisa jadi karena Anda sibuk dengan masalah stok dan penjualan sehingga sistem terlantar.

    Sistem komputer bukan cuma soal CPU, RAM, harddisk, jaringan, software. Tapi juga soal perkabelan, supply listrik, dan jangan lupa manusianya (brainware). Lebih dari 80 persen kerusakan adalah akibat kecerobohan manusianya (human error), sisanya terjadi pada perangkat hardware dan software.

    Scroll to Top