background-sar-it



Connecting

Your Business

SAR IT merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dalam pemasangan topologi jaringan internet / CCTV, pembuatan web, video organizer, maupun jual beli perangkat komputer.



7 Cara Agar Website Anda Aman dari kejahatan virtual / cyber crime


7 Cara Agar Website Anda Aman dari kejahatan virtual / cyber crime

Website merupakan rumah virtual bagi bisnis online, website juga bisa menjadi ‘wajah’ bagi perusahaan Anda. Website bisa dimanfaatkan sebagai branding, etalase produk dan layanan, informasi, bahkan tempat untuk join komunitas. Ada begitu banyak kegunaan website yang bisa Anda manfaatkan. Maka dari itu, di era digital seperti saat ini, keberadaan website cukup penting dan bisa dibilang krusial bagi perusahaan. Bayangkan saja jika sebuah perusahaan tidak memiliki website, maka dari mana para customer mendapatkan informasi jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk dan layanan perusahaan tersebut? Tentu mereka tidak bisa mendapatkannya dari Google karena kurang spesifik dari perusahaan tersebut.

website sangat rawan dengan resiko  . Apalagi website dengan transaksi finansial di dalamnya, seperti website e-commerce. Selain itu, juga sangat berbahaya bukan, jika data-data sebuah perusahaan pada website dicuri, di hack, dan diubah, walaupun tidak berhubungan langsung dengan transaksi keuangan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan dan mengutamakan keamanan website.

Jika website anda ingin aman ada sejumlah cara yang bisa dilakukan, Beberapa cara ini bisa Anda terapkan dengan maksimal ini dia beberapa cara yang bisa Anda coba.

 

Baca Juga :

 

 

1. Terus update

Anda bisa memastikan versi CMS dan plug in yang digunakan merupakan versi terbaru. Mengoperasikan software yang tak pernah diperbarui sangat berisiko dan rawan. Maka dari itu, terus lakukan update untuk menghindari diretasnya web Anda oleh hacker yang mengandalkan sistem otomatis yang merugikan.

 

2. Lakukan backup data

Agar bisa menjaga website agar aman, Anda perlu melakukan backup data yang ada di dalam suatu website. Hal ini bisa Anda lakukan secara berkala. Anda bisa menghindari penyimpanan backup data pada web server yang sama karena memiliki resiko tinggi untuk diakses oleh hacker.

 

3. Penggunaan password

Password menjadi hal penting yang harus dilindungi dan dijaga tingkat kerahasiaannya. Maka dari itu, hindari penggunaan password yang mudah ditebak. Misalnya saja seperti tanggal lahir, nama panggulan, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan hacker membobol akun website Anda.

 

4. Batasi akses pengguna

Hal ini hanya berlaku untuk sejumlah situs yang mempunyai beberapa log in. Membatasi akses pengguna sangat penting dilakukan, sesuai dengan perannya masing-masing. Dengan begitu, hal ini bisa mengurangi dampak dari akun berbahaya serta melindungi dari kerusakan akibat ulah hacker.

 

5. Perhatikan akses user untuk file permission

File permission merupakan hak akses user dalam read, write, dan execute file dalam website. Read adalah hanya melihat isi file, write adalah mengubah isi file, dan execute adalah menjalankan file program atau script. Ada tiga jenis pengguna dalam website yaitu owner, group, dan public. Masing-masing memiliki pengaturan dan batasan tersendiri terhadap akses read, write, dan execute. Pastikan komposisi untuk ketiga bagian ini sesuai.

 

6. Konfigurasi server

Anda harus tahu apa saja jenis file konfigurasi yang dipakai di web server. Dari sejumlah file konfigurasi ini Anda bisa menerapkan aturan tertentu di server, termasuk juga dengan instruksi yang bisa meningkatkan keamanan web. Dengan begitu, Anda pun bisa menjaga website agar aman secara optimal.

 

7. Install SSL

SSL memiliki peran penting, terlebih untuk keamanan web ecommerce serta tiap web yang memakai form pengisian yang menyantumkan data personal. Sertifikat SSL bisa melindungi informasi pengunjung sepanjang proses pengiriman data dengan menggunakan