5 Bahasa Pemrograman yang sering digunakan di Indonesia

Bahasa pemrograman adalah rangkaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini harus dikuasai oleh seorang developer supaya dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi maka harus menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut.

Dari begitu banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, tetapi dari developer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada saat ini. Mereka hanya memakai 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melakukan developing software.

Disini kami akan membahas 5 Bahasa Pemrograman yang sering digunakan di Indonesia berikut penjelasanya:

Baca Juga :

Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    JavaScript

    JavaScript yaitu merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript sekarang kebanyakan terdapat pada pengembangan website. Dengan JavaScript kita bisa membuat sebuah website yang interaktif dan menarik.

    JAVA

    Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dilakukan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Awalnya Bahasa pemrograman ini  dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 yakni oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri diambil dari sebuah kopi karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang digiling langsung  dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari Indonesia pulau di Jawa.

    Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa dijalankan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih gampang dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Di era sekarang merupakan dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi saat ini dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

    PHP

    PHP adalah singkatan dari (PHP Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling sering digunakan di Indonesia. Selain juga karena gratis, PHP banyak dipakai karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain dari itu banyak website ternama seperti Facebook, WordPress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

    Phyton

    Dalam tingkat bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat yang tinggi. Python juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunakan bahasa pemrograman Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga sering digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.

    C++

    Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang dikembangkan dari bahasa C. C++ dan C mempunyai sintaks yang penulisannya hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dijalankan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa juga disebut dengan bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. Pertama kali dikembangkan C++ oleh Bjarne Stroustrup.

    C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang sering digunakan karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun sebuah software contohnya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.

    Scroll to Top