Kegunaan CCTV dalam Penggunaan Personal, Bisnis Properti, dan Perkantoran

Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Apa itu Maintenance?

    Maintenance (pemeliharaan) merupakan suatu tindakan/kegiatan baik teknis maupun administratif yang dilakukan dengan tujuan menjaga atau memperbaiki suatu peralatan/sistem agar selalu dalam keadaan baik dan dapat digunakan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Maintenance merupakan aktivitas perawatan untuk mencegah kerusakan, Perlunya maintenance pada perangkat komputer yang digunakan secara berkala bertujuan untuk menjaga performa dari perangkat dan agar perangkat komputer tidak mengalami kerusakan. Nah, disini kita akan memberi informasi mengenai pentingnya dan tujuan maintenance pada perangkat komputer, Pada Perangkat komputer ada dua hal yang dapat kita maintenance yaitu:
    1. Maintenance Hardware
    2. Maintenance Software
    Baca Juga :

    Dan apa tujuan Maintenance ?

    • Tujuan Maintenance adalah untuk mencegah adanya Error pada komponen komponen Komputer
    • Memperpanjang masa aktif dari hardware maupun software
    • Menekan angka kerusakan fatal pada hardware
    • Mengganti komponen yang sudah memang rusak dan tidak bisa di perbaiki

    Maintenance Melalui Hardware :

    • Membersihkan perangkat komputer dari debu yang menempel
      Debu yang menempel diperangkat seperti pada monitor, keyboard, mouse dan bagian dalam CPU perlu dibersihkan untuk mencegah adanya kerusakan komponen atau mengurangi kinerja komponen saat perangkat komputer digunakan.
    • Menambahkan thermal pasta pada prosesor komputer
      Thermal pasta digunakan untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis. Apabila pasta pendingin prosesor (Thermal Pasta) sudah kering dapat menyebabkan suhu khususnya pada prosesor menjadi panas.
    • Merapihkan kabel
      Kabel-kabel yang terpasang harus dirapihkan dengan baik untuk menghindari terjadinya konsleting pada arus listrik.
    • Melakukan pengecekan kondisi
      Pengecekan kondisi dilakukan untuk mengetahui apakah perangkat sudah berfungsi sebagaimana mestinya seperti fungsi click pada mouse dan scroll mouse yang masih berfungsi dengan baik, tombol keyboard yang dapat digunakan dengan baik.

    Melalui Software

    1. Backup selalu data pentingBackup memang sesutu yang harus di lakukan agar jika data penting di curi oleh seseorang setidaknya kita masih dapat mengakses data tersebut lewat Backup yang berada di dalam PC.
    2. install aplikasi yang di butuhkan saja untuk membuat PC bekerja maksimal dan cepat maka saya sarankan hanya menginstall aplikasi yang di butuhkan saja sehingga tidak memboroskan resource memori dan pemakaian processor terbilang enteng.
    3. Cleanup PC secara berkala Cleanup berfungsi untuk membersihkan file file yang tidak terpakai atau sudah usang yang pantas untuk di delete dari system komputer Cleanup PC bisa di lakukan menggunakan CleanMaster atau yang lainnya, saran saya adalah menggunakan clean master, karena clean master merupakan software yang sangat bagus, dengan software ini anda tidak usah ribet pergi ke history browser dan membuka recyle bin.
    Scroll to Top