background-sar-it



Connecting

Your Business

SAR IT merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dalam pemasangan topologi jaringan internet / CCTV, pembuatan web, video organizer, maupun jual beli perangkat komputer.



Sejarah Bahasa Pemrograman Java


Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Sejarah Bahasa Pemrograman Java , Java adalah salah satu Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah sistem sederhana maupun sistem yang kompleks. Bahasa pemrograman Java ini juga adalah salah satu Bahasa pemrograman yang tingkat tinggi serta telah menerapkan metode OOP (Object Oriented Programming) dalam pemakainya.

Awalnya bahasa pemrograman Java  dibuat oleh James Arthur Gosling atau yang biasa dikenal dengan nama James Gosling. James Gosling dilahirkan pada tanggal 19 Mei 1955 di Kanada, James Arthur Gosling dirinya juga memiliki gelar dari BITM yaitu Btech Ilmu Informasi .

Gosling juga pernah membuat sebuah multi-prosesor versi Unix saat di Carnegie Mellon University dan dirinya juga pernah membuat sistem email dan juga beberapa compiler sebelum akhirnya bergabung dengan perusahaan Sun Microsystems.

Pada perusahaan Sun Microsystem dimana sekarang ini dikenal dengan nama  Oracle dirinya membuat bahasa pemrograman JAVA yang dikenalkan  pada tahun 1995. Java sendiri banyak mengambil sintaks atau perintah dari Bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa C serta C++ tetapi dengan sintak model objek yang dibuat menjadi lebih sederhana.

Untuk membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan Java dibutuhkan sebuah JDK  atau Java Development Kit dan untuk menjalankan aplikasi yang sudah dibuat dengan Bahasa pemrograman Java, maka dibutuhkan sebuah Java Runtime Environment atau JRE . Bahasa pemrograman  Java sendiri mempunyai sifat multi platform, yaitu sebuah program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja baik itu windows, MacOS ataupun linux selama didalam sistem operasi sudah terinstall Java Runtime Environment.

 

Baca Juga :

 

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Sun, memiliki 3 triliun device atau perangkat yang dibutuhkan Java agar dapat dijalankan. Selain itu juga sudah sangat banyak alat yang sudah menggunakan Java, misalnya :

  1. Aplikasi Desktop seperti Acrobat Reader, Antivirus, Media Player dan lain sebagainya.
  2. Aplikasi berbasi web yang menggunakan Java
  3. Aplikasi Enterprise seperti aplikasi perbankan
  4. Aplikasi Mobile maupun Sistem Operasi Mobile
  5. Game
  6. Robotika dan masih banyak lainnya.

 

 

 

 

 

Aplikasi Java memiliki 4 tipe aplikasi yang dapat dibuat dan juga dikembangkan dengan menggunakan Bahasa pemrograman Java, yaitu :

 

Aplikasi Enterprise

Aplikasi ini membutuhkan resource atau sumber daya dengan tingkat keamanan yang tinggi, aplikasi ini digunakan pada dalam perbankan. Dalam Java, EJB biasanya dipakai untuk membuat aplikasi enterprise.

 

 Aplikasi Web

Aplikasi web merupakan aplikasi yang dijalankan di server side dan dapat membuat halaman web yang dinamis dengan membutuhkan browser untuk membukanya. Contohnya jsp, struts, servlet,  jsf dan lain-lain. Atau juga bisa dikena dengan membuat aplikasi web menggunakan Java.

 

Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile yaitu merupkan aplikasi yang dibuat untuk perangkat di mobile. Saat ini perangkat Android dan juga Java ME digunakan untuk membangun aplikasi berbasis mobile.

 

Aplikasi Standalone

Aplikasi standalone atau bisa dikenal juga dengan aplikasi desktop atau aplikasi yang berbasis melalui windows. Seperti misalnya contoh  media player, antivirus dan aplikasi desktop lainnya yang banyak diinstall di komputer kalian