background-sar-it



Connecting

Your Business

SAR IT merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dalam pemasangan topologi jaringan internet / CCTV, pembuatan web, video organizer, maupun jual beli perangkat komputer.



5 Manfaat Media Digital untuk mencari pekerjaan


5 Manfaat Media Digital untuk mencari pekerjaan

Teknologi digital banyak membantu kita untuk menemukan dan mendapatkan pekerjaan yang kita impikan, di era digital seperti ini informasi ataupun aplikasi sudah dipermudah  dan tentu  kita bisa akses  dimanapun dan kapanpun.

Dahulu informasi lowongan kerja tidak tersebar dengan cepat karena media masih terbatas dan jika ada jaringan internet, masih sedikit orang mempunyai fasilitas yang dulu bisa dibilang mewah tersebut, hingga datanglah era teknologi digital saat ini.

Teknologi digital akan selalu mempermudah Anda untuk mencari pekerjaan dengan beragam  inovasi dan fiturnya. Simak lebih lanjut mengenai pembahasan soal manfaat media sebagai pencari kerja!

Baca Juga :

 

 

1. Banyaknya info lowongan pekerjaan

Satu alasan yang pasti dirasakan hampir semua pencari kerja saat ini ialah kemudahan untuk mendapatkan informasi loker, tidak lagi mesti membeli koran harian atau rajin mendatangi kantor untuk mengamati pengumuman di mading perusahaan.

Di era teknologi digital banyak portal, website dan aplikasi yang mempermudah Anda untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja. Namun agar Anda dapat lebih mudah untuk mencari posisi yang sesuai  kriteria, sebaiknya mencari dahulu perusahaan baru, selanjutnya mencari  posisi yang sedang ditawarkan tim HRD.

Faktor teknologi digital ini juga harus didampingi dengan faktor manual yang tak kalah  pentingnya yakni rekomendasi. Seusai menyaring posisi dan perusahaan yang akan Anda kirimkan lamaran, ada bagusnya mencari tahu lebih banyak profil perusahaan melalui kenalan atau lebih baik lagi apabila punya rekan yang pernah bekerja di perusahaan tersebut. Berdasarkan studi, lamaran kerja yang juga ditunjang referensi punya kemungkinan 10x lebih besar untuk diterima dibanding yang datang tanpa referal.

 

2. Resume anda disimpan oleh perusahaan

Bila belum diterima, seringkali pihak rekruter memberi setitik  harapan dengan mengatakan resume Anda akan disimpan jika sewaktu-waktu ada posisi yang ideal. Era teknologi digital membuat rekruter tak repot dengan tumpukan kertas CV dan lamaran, cukup buka kembali e-mail atau folder unduhan dan resume Anda kembali ditemukan.

Kemajuan teknologi digital ini tentu menguntungkan bagi pelamar dan perusahaan, tinggal persiapan Anda untuk mengambil peluang tersebut.

 

3. Bisa memilih posisi loker yang tidak mewajibkan ke kantor

Memang ada pekerjaan yang tak harus ke kantor? Melihat kemajuan teknologi digital saat ini tentu saja jawabnya, ada. Pekerjaan  graphic designer, content creator,  Content writer, dan konsultan merupakan beberapa {contoh pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus berkantor. Asalkan di lokasi Anda bekerja tersedia koneksi Wi-Fi yang stabil, teknologi digital siap mempermudah proses berkarya Anda.

 

 

4. Proses interview tanpa aktivasi

Kecanggihan teknologi digital saat ini juga memfasilitasi perusahaan dan kandidat agar dapat interview secara virtual. Umumnya pimpinan pada perusahaan multinasional atau startup memilih untuk Google Meet atau Zoom  dengan calon karyawannya karena tuntutan kerja yang membuatnya harus ada di tempat lain.

Demikian juga bagi kandidat kuat yang posisinya memang sangat dibutuhkan namun terkendala jarak, oleh karena itu Google Meet dapat jadi alternatif yang lebih efisien dibanding harus mengatur jadwal penerbangan yang membebani kandidat maupun perusahaan. Faktanya, eksistensi teknologi digital berperan dalam memangkas ongkos operasional juga.

 

5. Dapat menelusuri progres aplikasi

Untuk yang pernah memakai website lowongan kerja pasti tahu rasanya mendapatkan notifikasi bahwa ada perusahaan yang melirik CV Anda. Terima kasih pada teknologi digital, para pejuang kerja dapat sedikit tenang dengan cara yang memungkinkan pemilik CV untuk tahu kemajuan aplikasi yang dikirim secara online.

Saya sendiri termasuk yang jadi berharap lebih jika ada notifikasi bahwa perusahaan melihat lamaran berkali-kali, meski ada yang hasilnya tak direkrut sebab satu dan lain hal namun setidaknya teknologi digital mempermudah para pelamar untuk tahu nasib lamarannya.

Kalau dulu mesti menandai kalendar untuk tanggal interview, teknologi digital membuat Anda memperoleh reminder melalui kalendar di gadget yang sinkron dengan e-mail.